menjual rumah

Ingin Mejual Rumah? Lakukan Cara Ini Agar Harga Jualnya Meningkat

Sedang berencana ingin menjual rumah lama Anda? Sebaiknya, Anda jangan terburu-buru langsung menjualnya, dan lakukan beberapa cara untuk menaikkan nilai jual properti Anda.

Sebenarnya, menaikkan nilai jual properti bukanlah hal yang susah, terutama bagi Anda yang menyayangi rumah Anda dan merawatnya sepenuh hati. Seperti halnya selalu membersihkan rumah, sering merenovasi, dan lainnya.

Jika Anda ingin menaikkan harga jual properti Anda, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut yang sudah saya rangkum dari sumber resmi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia Rumah dijual di Indonesia, seperti: Jakarta (Selatan, Barat, Utara, Timur, dan Pusat), Bandung, Surabaya, Medan, Sulawesi, Manado, Semarang, Yogyakarta, Solo, Denpasar, Bali, dan berbagai kota besar lainnya untuk Anda.

Tips meningkatkan harga jual properti

Didalam meningkatkan harga jual properti, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut

  • Mempercantik eksterior rumah

eksterior halaman rumah

Eksterior merupakan hal yang akan pertama dilihat oleh calon pembeli properti Anda. Mempercantik eksterior merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan nilai jual properti Anda. Caranya pun tidak terlalu sulit, Anda bisa mengganti warna cat pagar atau tembok luar rumah agar warna cat akan terlihat lebih baru.

Jika Anda memiliki halaman depan, percantik halaman depan dengan menambah hiasan seperti pot tanaman atau menanan tanaman hijau. Hiasan tersebut tidak hanya mempercantik rumah dan meningkatkan nilai jualnya saja, tetapi juga dapat menambah kesan asri di dalam hunian tersebut.

Intinya, ini yang harus pertama Anda perhatikan. Eksterior adalah hal yang pertama akan dilihat oleh calon pembeli. Berikan kesan pertama yang baik kepada mereka agar terkagum-kagum dengan properti yang Anda jual.

  • Perbaiki kamar mandi

kamar mandi bersih

Anda bisa memperbaiki kamar mandi dengan mengganti perabotan kamar mandi yang dirasa sudah tidak layak. Atau, Anda bisa menambah fasilitas di dalam kamar mandi yakni dengan menambah pemanas air sehingga Anda bisa menambahkan fasilitas tersebut di daftar fasilitas rumah Anda saat Anda ingin menjualnya.

  • Perbarui penampilan dapur

ruang dapur rapi

Dapur merupakan ruang untuk memasak, dan ruangan ini biasanya lebih kotor dibandingkan dari ruangan lainnya. Kotor tersebut ditimbulkan dari percikan minyak dan yang terburuk saat percikan minyak mengenai dinding yang sulit untuk dibersihkan.

Anda bisa mengecat dinding dapur Anda terlebih dahulu dan merapihkannya sebelum memasarkan rumah yang ingin Anda jual. Cara ini ampuh untuk membuat harga rumah Anda tidak jatuh dan tetap mahal.

  • Percantik ruangan lainnya

Ruangan lain seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang kamar tidur bisa Anda percantik sebelum Anda pasarkan. Misalnya dengan mengganti catnya jika sudah agak sedikit kotor atau mengganti wallpaper baru jika wallpaper terlihat sudah mulai rusak.

Tambahkan beberapa interior hiasan di dalam rumah untuk mempercantik setiap ruangan. Hal seperti ini dijamin akan menarik minat calon pembeli untuk membeli rumah Anda dan dapat meningkatkan nilai jualnya.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan harga jual properti yang sudah saya ulas untuk Anda. Lakukan hal tersebut sebelum memasarkan properti Anda!