Merencanakan Keuangan Untuk Masa Depan

Setiap orang pasti memiliki keinginan yang ingin dicapai, seperti melunasi KPR rumah, menabung untuk membeli barang, atau liburan ke luar negeri. Namun, semua itu tidak dapat Anda wujudkan jika sampai saat ini Anda masih memiliki perencanaan keuangan yang buruk. Anda tidak akan bisa mewujudkan semua hal tersebut meskipun Anda sudah melakukan kerja setiap hari, bahkan lembur untuk mendapatkan uang tambahan jika Anda memiliki perencanaan keuangan yang buruk.

Saat ini, belum semua orang sudah melakukan perencanaan keuangan. Bahkan, di negara Amerika Serikat yang sangat maju dengan kekuatan ekonominya pun banyak yang belum melakukan perencanaan keuangan. Mereka tidak memiliki gambaran jelas mengenai pengeluaran mereka.

Resiko dari tidak memiliki perencanaan keuangan adalah Anda bisa terjebak pada kehidupan boros, pengeluaran tidak karuan. Rencana keuangan yang baik tentunya akan menghasilkan pengalokasian uang yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. Bayangkan saja jika Anda bekerja dan mendapat gaji setiap bulan namun Anda tidak tahu untuk apa saja uang gaji tersebut akan digunakan, pengeluaran Anda akan tidak karuan, bahkan bisa berujung ke pemborosan. Tidak terasa uang Anda akan cepat habis karena Anda tidak tahu berapa sisa uang yang Anda miliki dan terus melakukan belanja karena merasa masih memiliki uang.

Rencana keuangan itu penting

Untuk Anda yang tidak tahu apa pentingnya perencanaan keuangan, Anda harus baca poin yang satu ini karena sangat penting untuk mengetahuinya. Alasan rencana keuangan itu penting adalah :

  • Menggambarkan kondisi keuangan Anda

dompet kosong

Rencana keuangan akan memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi finansial Anda. Anda bisa tahu berapa penghasilan bulanan Anda dan untuk apa saja uang tersebut Anda gunakan. Hal ini penting agar pengeluaran Anda tidak lebih besar dari penghasilan Anda.

  • Alokasi dana lebih jelas

daftar belanja

Dengan membuat rencana keuangan, alokasi pengeluaran Anda akan lebih rapih dan lebih jelas. Anda bisa memantau apabila pengeluaran Anda terlalu besar, sehingga untuk bulan berikutnya bisa dilakukan penghematan.

  • Memberi motivasi

Dengan memiliki rencana keuangan, Anda akan termotivasi untuk mengumpulkan uang. Rencana keuangan dapat membantu Anda dalam memperhitungkan berapa uang yang bisa Anda tabung untuk mewujudkan impian Anda.

Memulai perencanaan keuangan

Dengan berbagai poin yang sudah saya bahas di atas, perencanaan keuangan sangatlah penting untuk dilakukan dan harus dilakukan sejak dini. Sebelum Anda menyesal tidak bisa mewujudkan semua keinginan Anda, segera lakukanlah perencanaan keuangan dengan baik.

Saat Anda baru masuk bekerja, langsung saja mulai mengelola penghasilan Anda dan lakukan perhitungan antara pendapatan dan pengeluaran. Jika sudah bekerja namun belum melakukan perencanaan keuangan, Anda belum terlambat untuk melakukannya, segera lakukan sekarang, jangan sampai pengeluaran Anda tidak terencana dan berantakan!